Selasa, 27 Mei 2014

RPP HEREDITAS




RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP)


OLEH
MAR’AHTUS SHOLIKAH
11270010


FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS VETERAN REPUBLIK INDONESIA
MAKASSAR
2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SatuanPendidikan        : SMA
Mata Pelajaran             : BIOLOGI
Kelas/Semester             : XII/Genap
Alokasi Waktu              :  1 x 30 Menit
Materi Ajar                   : HEREDITAS

Standar Kompetensi    : 1.  Memahami konsep dasar dan prinsip-prinsip
Hereditas.

Kompetensi Dasar     : 1.1 Menerapkan prinsip hereditas dalam
        mekanisme pewarisan sifat.

I.                   Indikator :
1.Memahami  pengertian hereditas
2.Menjelaskan  Prinsip-prinsip hereditas menurut hukum Mendel
3. Mendeskripsikan  persilangan monohibrid
4.Menguraikan  contoh persilangan monohibrid

II.                Tujuan Pembelajaran
1.         Siswa dapat menjelaskan pengertian hereditas dengan tepat
2.         Siswa dapat  menyebutkan Prinsip-prinsip hereditas menurut hukum Mendel dengan tepat
3.           Siswa dapat mendeskripsikan  persilangan monohybrid dengan tepat
4.         Siswa dapat menyelesaikan soal-soal persilangan monohybrid dengan tepat
III.             Karaktersiswa yang diharapkan
Jujur, kerja keras, toleransi, rasa ingin tahu, komunikatif, menghargai prestasi, dan tanggung jawab.

VIII.       PenilaiandanTindakLanjut
1.      Prosedur penilaian
1.         Penilaian kognitif
Jenis                            :  Ulangan
Bentuk                                    : Uraian Objektif
Instrumen penilaian     : tes hasil belajar/ kuis
2.   Penilaian afektif
Bentuk     : lembar pengamatan sikap siswa
2.      Instrument Penilaian
1.      Soal ( terlampir )
3.  Contoh Instrumen:
1. Jelaskan pengertian hereditas!
2.  Apa yang dimaksud dengan persilangan monohybrid?
3.  Deskripsikan bunyi hukum mendel I danII !
4. Berapakah kemungkinan anak yang dapat menderita    diabetes dari seorang ibu dari seorang ibu normal ( Dd ) dan ayahnya penderita diabetes ( dd )?
4. Program tindak lanjut
1. Remedial diberikan kepada siswa yang memperoleh nilai kurang dari nilai KKM.
2.Pengayaan diberikan kepada siswa yang memperoleh nilai di atas atau sama dengan nilai KKM.




IV.             Materi Ajar
Hereditas
V.                Strategi Pembelajaran
Model pembelajaran          : pembelajaran inkuiri
Pendekatan                       : CTL
Metode                              : Tanya jawab
                     
VI.       Langkah-Langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
A
Pendahuluan
Fase 1 :
ü  Guru memberi salam
ü  Guru mengecek kehadiran siswa
ü  Menyampaikan tujuan pembelajaran
ü  Guru memberikan beberapa suruhan dan pertanyaan kepada siswa: “anak-anak, cobalah perhatikan secara seksama teman-teman yang ada di sekelilingmu juga ibu yang berdiri disini.
1)      Apakah ada  perbedaan diantara kita semua?
2)      Sebutkan  perbedaan tersebut?
3)      Mengapa terjadi adanya perbedaan tersebut?


5 Menit
B
Kegiatan Inti
Fase 2 :
ü   Guru menjelaskan pengertian hereditas serta prinsip-prinsip dalam hereditas.
ü   Guru menampilkan contoh persilangan monohybrid
ü   Guru menanyakan kepada siswa sejauh mana siswa memahami tentang materi yang telah diberikan
ü   Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjelaskan apa yang siswa ketahui tentang persilangan monohybrid
ü   Guru memberikan contoh kepada siswa tentang persilanga nmonohybrid  dan kemudian meminta siswa untuk mengerjakannya.

20 menit

C
Penutup
ü    Guru mereview kembali materi yang sudah diajarkan  dan kemudian memberikan kesimpulan dari materi yang telah disampaikan.
ü    Guru memberikan tugas( PR ) kepada siswa untuk berlatih di rumah.
ü    Guru mengingatkan materi yang dibahas pada pertemuan berikutnya tentang persilangan dihibrid
ü    Guru mengakhiri pelajaran dengan memberikan salam

5 menit

VII.                Sumber/ BahanPembelajaran/Media
1.      Sumber/ Bahan  Pembelajaran
Marianto Kamengon.2010. Modul Biologi Kelas XII.Kalabahi.
2.         Media
1.         Laptop                             5. Penghapus
2.         LCD                                6. Penggaris
3.         Spidol
4.         PapanTulis
5.          
VIII.                PenilaiandanTindakLanjut
3.      Prosedur penilaian
3.         Penilaian kognitif
Jenis                            :  Ulangan
Bentuk                                    : Uraian Objektif
Instrumen penilaian     : teshasil belajar/ kuis
4.   Penilaian afektif
Bentuk     : lembar pengamatan sikap siswa
4.      Instrument Penilaian
2.      Soal ( terlampir )
3.  Contoh Instrumen:
1. Jelaskan pengertian hereditas!
.2.  apa yang dimaksud dengan persilangan monohybrid?
3. Deskripsikan bunyi hokum mendel I danII !
4. berapakah kemungkinan anak yang dapat menderita diabetes dari seorang ibu dari seorang ibu normal ( Dd ) dan ayahnya penderita diabetes ( dd )?
4. Program tindak lanjut
3. Remedial diberikan kepada siswa yang memperoleh nilai kurang dari nilai KKM.
4.Pengayaan diberikan kepada siswa yang memperoleh nilai di atas atau samadengan nilai KKM.



Makassar,  9 Mei2014

Mengetahui,

Dosen Pembimbing,                                                                          Mahasiswa,
                       

( Drs. Sukadi, M,Pd )                                                ( Mar’ahtusSholikah)
                                                                        NIM : 11270010












LampiranPowerPoint
                   


                           
           

        
           
           












DaftarHadirSiswa
Mata Pelajaran :Biologi
Nama
Kehadiran
Sitti H. Rahantan







Puberia







NurAzizah







AndiHilya A. Nurdin







AndiYulianti







NovitaSalongan







Debora







Mujahidin














 

1 komentar: