RENCANA PELAKSAAN
PEMBELAJARAN
( RPP)
OLEH
MAR’AHTUS
SHOLIKAH
11270010
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
VETERAN REPUBLIK INDONESIA
MAKASSAR
2014
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SatuanPendidikan :
SMA
Mata Pelajaran : BIOLOGI
Kelas/Semester : XII/Genap
Alokasi Waktu : 1 x 30 Menit
Materi Ajar :
HEREDITAS
Standar
Kompetensi : 1.
Memahami konsep dasar dan prinsip-prinsip
Hereditas.
Kompetensi Dasar :
1.1 Menerapkan prinsip
hereditas dalam
mekanisme pewarisan sifat.
I.
Indikator :
1.Memahami pengertian hereditas
2.Menjelaskan Prinsip-prinsip hereditas menurut hukum Mendel
3. Mendeskripsikan persilangan monohibrid
4.Menguraikan contoh persilangan monohibrid
II.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat menjelaskan pengertian hereditas dengan tepat
2.
Siswa dapat
menyebutkan Prinsip-prinsip hereditas menurut hukum Mendel dengan tepat
3.
Siswa dapat mendeskripsikan persilangan monohybrid dengan tepat
4.
Siswa dapat menyelesaikan soal-soal persilangan monohybrid dengan tepat
III.
Karaktersiswa yang diharapkan
Jujur,
kerja keras,
toleransi, rasa ingin tahu,
komunikatif, menghargai prestasi,
dan tanggung jawab.
VIII.
PenilaiandanTindakLanjut
1. Prosedur penilaian
1.
Penilaian kognitif
Jenis : Ulangan
Bentuk : Uraian Objektif
Instrumen penilaian : tes hasil belajar/ kuis
2. Penilaian afektif
Bentuk : lembar pengamatan sikap siswa
2. Instrument
Penilaian
1. Soal
( terlampir )
3.
Contoh Instrumen:
1. Jelaskan pengertian hereditas!
2. Apa yang dimaksud dengan persilangan monohybrid?
3. Deskripsikan bunyi hukum mendel I danII !
4. Berapakah
kemungkinan anak yang dapat menderita
diabetes dari seorang ibu dari seorang ibu normal ( Dd ) dan ayahnya
penderita diabetes ( dd )?
4. Program tindak lanjut
1.
Remedial diberikan kepada siswa yang memperoleh nilai kurang dari nilai KKM.
2.Pengayaan diberikan kepada siswa yang memperoleh nilai di atas atau sama dengan nilai KKM.
IV.
Materi Ajar
Hereditas
V.
Strategi Pembelajaran
Model
pembelajaran : pembelajaran inkuiri
Pendekatan : CTL
Metode : Tanya jawab
VI. Langkah-Langkah
Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
A
|
Pendahuluan
Fase 1 :
ü Guru
memberi salam
ü Guru
mengecek kehadiran siswa
ü Menyampaikan tujuan pembelajaran
ü Guru memberikan beberapa suruhan dan pertanyaan kepada siswa: “anak-anak, cobalah perhatikan secara seksama teman-teman yang ada
di sekelilingmu juga ibu yang berdiri disini.
1) Apakah ada perbedaan diantara kita semua?
2) Sebutkan perbedaan tersebut?
3) Mengapa terjadi adanya perbedaan tersebut?
|
5 Menit
|
B
|
Kegiatan Inti
Fase 2 :
ü
Guru menjelaskan pengertian hereditas serta prinsip-prinsip dalam hereditas.
ü
Guru menampilkan contoh persilangan
monohybrid
ü
Guru menanyakan kepada siswa sejauh mana siswa memahami tentang materi yang telah diberikan
ü
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjelaskan apa yang siswa ketahui tentang persilangan monohybrid
ü
Guru memberikan contoh kepada siswa tentang persilanga nmonohybrid dan kemudian meminta siswa untuk mengerjakannya.
|
20 menit
|
C
|
Penutup
ü
Guru mereview kembali materi yang sudah diajarkan dan kemudian memberikan kesimpulan dari materi yang telah disampaikan.
ü
Guru memberikan tugas( PR ) kepada siswa untuk berlatih di rumah.
ü
Guru mengingatkan materi yang dibahas pada pertemuan berikutnya tentang persilangan dihibrid
ü
Guru mengakhiri pelajaran dengan memberikan salam
|
5 menit
|
VII.
Sumber/
BahanPembelajaran/Media
1. Sumber/
Bahan Pembelajaran
Marianto
Kamengon.2010. Modul Biologi Kelas XII.Kalabahi.
2.
Media
1.
Laptop 5. Penghapus
2.
LCD 6. Penggaris
3.
Spidol
4.
PapanTulis
5.
VIII.
PenilaiandanTindakLanjut
3. Prosedur penilaian
3.
Penilaian kognitif
Jenis : Ulangan
Bentuk : Uraian Objektif
Instrumen penilaian : teshasil belajar/ kuis
4. Penilaian afektif
Bentuk : lembar pengamatan sikap siswa
4. Instrument
Penilaian
2. Soal
( terlampir )
3.
Contoh Instrumen:
1. Jelaskan pengertian hereditas!
.2. apa yang dimaksud dengan persilangan monohybrid?
3.
Deskripsikan bunyi hokum mendel I danII !
4. berapakah kemungkinan anak yang dapat menderita diabetes dari seorang ibu
dari seorang ibu normal ( Dd ) dan ayahnya penderita diabetes ( dd )?
4. Program tindak lanjut
3.
Remedial diberikan kepada siswa yang memperoleh nilai kurang dari nilai KKM.
4.Pengayaan diberikan kepada siswa yang memperoleh nilai di atas atau samadengan nilai KKM.
Makassar, 9 Mei2014
Mengetahui,
Dosen
Pembimbing, Mahasiswa,
( Drs. Sukadi, M,Pd ) (
Mar’ahtusSholikah)
NIM
: 11270010
LampiranPowerPoint
DaftarHadirSiswa
Mata Pelajaran :Biologi
Nama
|
Kehadiran
|
||||||
Sitti H. Rahantan
|
|
|
|
|
|
|
|
Puberia
|
|
|
|
|
|
|
|
NurAzizah
|
|
|
|
|
|
|
|
AndiHilya A. Nurdin
|
|
|
|
|
|
|
|
AndiYulianti
|
|
|
|
|
|
|
|
NovitaSalongan
|
|
|
|
|
|
|
|
Debora
|
|
|
|
|
|
|
|
Mujahidin
|
|
|
|
|
|
|
|
Thanks......
BalasHapus